ESSAY

Writer / NIM
YULIMIS MOPATU / 151410174
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK YULIMIS MOPATU, 151410174. SKRIPSI " Meningkatkan Ketreampilan Menjumlah Bilangan Bulat Dengan Teknik Menyimpan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas IV SDN 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra Martianty Nalole M,Pd dan Pembeimbing II Ismail Pioke S.Pd M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share keterampilan menjumlah bilangan bulat dengan teknik menyimpan di kelas IV SDN 1 Botumoito akan meningkat. tujuan penelitian ini adlaah untuk meningkatkan keterampilan menjumlah bilangan bulat dengan teknik menyimpan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IV SDN 1 Botumoito kabupaten boalemo. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kerlas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Botumoito Kabupaten Boalemo dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 26 orang, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, dari jumlah siswa sebaynak 26 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja mencapai 75% dari hasil yang dicapai pada siklus1 mencapai 69% atau 18 orang. hal ini belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus 2, hasil yang dicapai dengan ketuntasan mencapai 88% atau 21 orang. hasilcapaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa keteampilan menjumlah bilangan bulat dengan teknik menyimpan di kelas IV SDN 01 Botumoito Kabupaten Boalemo melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share meningkat. dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapatditerima. kata kunci ; Keterampilan, menjumlah, bilangan bulat, pembelajran klooperatif tipe think pair share.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011