ESSAY

Writer / NIM
YOCE MUSTAPA HAMBALI / 151410177
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
YOCE MUSTAPA HAMBALI, NIM. 151 410 177 “Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Kenampakan Alam pada Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Lingkungan di Kelas IV SDN 06 Botumoito.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Dra.Hj.Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Dra.Elmia Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman siswa tentang kenampakan alam pada pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan di kelas IV SDN 06 Botumoito akan meningkat. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang kenampakan alam pada pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan di kelas IV SDN 06 Botumoito. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dianalisis dengan tujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau fenomena yang terjadi dengan fokus permasalahan yang diteliti yang menyangkut peningkatan pemahaman siswa tentang kenampakan alam pada pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan di Kelas IV SDN 06 Botumoito Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian tentang pemahaman siswa pada materi kenampakan alam pada pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan di kelas IV SDN 06 Botumoito menunjukan bahwa perolehan data siklus I maupun siklus II terlihat peningkatan dari hasil belajar pada observasi awal hanya 50% pada siklus I menjadi 70.8% dan pada siklus II menjadi 87.5%,. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SDN 06 Botumoito dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan lingkungan pada materi penampakan alam dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Kata kunci: Pemahaman siswa, kenampakan alam, pendekatan lingkungan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011