ESSAY

Writer / NIM
FITRAYANTI I. LABALO / 151410181
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstract
ABSTRAK Fitriyanti.Labalo.2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas Pada Materi Menulis Karangan. Penelitian di Kelas IV SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. RATNARTI PAHRUN M. Pd dan Pembimbing 2 Dra. HAWA PATTIIHA S.Pd, M.Pd Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan pengelolaan kelas. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas dapat meningkatkan kemampuan motivasi belajar siswa dalam menulis karangans. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada siklus I mencapai 65,36%(13 orang), dan pada siklus II 75,27%(28 orang) dari 33 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Kata Kunci : Menulis Karangan, Pendekatan pengelolaan kelas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011