ESSAY

Writer / NIM
ASONG ABAS / 151410182
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstract
ABSTRAK ASONG ABAS, 2012 “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Melalui Pembelajaran Discoveri Di Kelas V SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Prof.Dr.H.Abdul Haris Panai,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu,S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman siswa pada proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya melalui metode pembelajaran discoveri di kelas V SDN 04 Tilamuta akan meningkat. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dianalisis dengan tujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau fenomena yang terjadi dengan fokus permasalahan yang diteliti yang menyangkut peningkatan pemahaman siswa pada proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya melalui metode pembelajaran discoveri di Kelas V SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian tentang pemahaman siswa pada materi Proses Daur air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya melalui metode Pembelajaran Discoveri Di kelas V SDN 04 Tilamuta menunjukan bahwa perolehan data dari observasi awal terdapat 10 orang atau 43.5% dari 23 orang siswa yang sudah memahami materi proses daur air dan 13 orang atau 56.5% yang belum memahami materi proses daur air maka dilanjutkan ke siklus I maupun siklus II disini terlihat peningkatan dari hasil belajar anak. Pada siklus I rata-rata 65.2% dan pada siklus II meningkat menjadi 87% sehinggah indikator kinerja berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN 04 Tilamuta dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran discoveri pada materi Daur air dapat meningkatkan pemahaman siswa. Kata kunci: Pemahaman Siswa Dan Metode Pembelajaran Discoveri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011