ESSAY

Writer / NIM
YUSNA ANTUKE / 151410187
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Yusna Antuke, 2012“Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Alat Bantu Garis Bernomor pada Kelas II SDN 1 Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo”Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Evi Hasyim, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya keterampilan siswa kelas II SDN 1 Luhu Kecamatan Telaga dalam menulis huruf tegak bersambung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis huruf tegak bersambung melalui alat bantu garis bernomor. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.Berdasarkan hasil penilaian pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 68,45. Dari 24 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 15 siswa atau 62,5%, sedangkan hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 24 siswa kelas II adalah 75,08. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa atau 83,33% atau mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis huruf tegak bersambung dengan menggunakan alat bantu garis bernomor dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas II SDN 1 Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Untuk itu disarankan agar guru kelas II dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis huruf tegak bersambung dapat menggunakan alat bantu garis bernomor untuk memudahkan siswa dalam menulis. Kata Kunci : keterampilan menulis, huruf tegak bersambung, dan alat bantu garis bernomor
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011