ESSAY

Writer / NIM
DURRATUN NASIHA LIMALO / 151410201
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
ABSTRAK DurratunNasihaLimalo. Nim 151 410 201, 2014, Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning dalam Menulis Puisi Di Kelas V SDN 9 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidkan Guru SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas NegeriGorontalo, PembimbingI Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd,dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah"Bagaimana Penerapan Pendekatan Contextual Teacing Learning dalamMenulisPuisi Di Kelas V SDN 9 BongomemeKabupaten Gorontalo?"Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikanpenerapan pendekatancontextual teaching learning dalam menulis puisi di kelas V SDN 9 Bongomeme. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptifkuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui prosedur angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatancontextual teaching learning dalam menulis puisi di kelas V SDN 9 Bongomeme masuk pada klasifikasi baik dengan persentase 81,23%, yang dikembangkan melalui 2 indikator, yaitu indicator penerapan pendekatan contextual teaching learning masuk pada klasifikasi baik dengan persentase 86,58% dan indikator menulis puisi dengan menggunakan tema, pilihan kata, rima dan gayabahasa masuk pada klasifikasi cukup dengan persentase75,88%. Dari hasil analisis data yang diperoleh melalui angket yang diberikan kepada siswa kelas V dan diperkuat oleh hasil wawancara dengan guru, dan hasil pengamatan/observasi jelas telah Nampak bahwa penerapan pendekatan contextual teaching learning dalam menulis puisi di kelas V SDN 9 Bongomeme telah dilaksanakan/diterapkan. Kata kunci : Pendekatan CTL, Menulis Puisi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011