ESSAY

Writer / NIM
IKE INDRIA ILANUNU / 151410207
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Ike Indria Ilanunu. 2014. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Pada Siswa Di Kelas Awal SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa di kelas awal di SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah yang dilakukan siswa di SDN 7 Limboto Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi upaya guru meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah di SDN 7 Limboto Barat adalah guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, dan bermain peran serta menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan picture and picture. Media yang digunakan yaitu deka-deka, lidi, sedotan dan batu disesuaikan dengan materi yang diajarkan. melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik menyenangkan dan menantang, membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, melakukan remedial terhadap siswa yang belum memahami perkalian bilangan cacah dan kemudian memberikan tambahan pelajaran. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah di SDN 7 Limboto Barat adalah guru menggunakan metode, model dan media yang bervariasi, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik menyenangkan dan menantang, membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, melakukan remedial terhadap siswa yang belum memahami perkalian bilangan cacah dan kemudian memberikan tambahan pelajaran. Kata Kunci : Upaya, Pemahaman, Konsep, Perkalian, Bilangan Cacah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011