ESSAY

Writer / NIM
MOH. RIVALDI KATILI / 151410211
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Moh. Rivaldi Katili. 2014.Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN No. 16 Limboto Barat KabupatenGorontalo. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing I. Drs. H. Haris Mahmud, M.Si. Pembimbing II. SamsiPomalingo, S.Ag.MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPSdikelas IV,V dan VI dan kesulitan apa saja yang ditemui dalam penggunaan model pembelajaran(STAD) serta cara mengatasi kesulitan yang timbul dari penggunaan model pembelajaran(STAD)tersebut di SDN No. 16 Limboto Barat. Adapun yang menjadi subjek penelitian inia dalah Guru IPS kelas IV,Vdan VI serta siswa pada masing-masing kelas tersebut. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi di masing-masing kelas dan menggunakan pedoman wawancara yang melibatkan guru dan 5 orang siswa yang menjadi pewakilan pada masing-masing tingkatan kelas. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS dikelas IV,Vdan VI sudah dapat membuat siswa antusias dalam belajar. Hal ini Nampak pada hasil observasi serta wawancara bersama guru dan siswa. Dimana tidak menutup kemungkinan baik guru maupun siswa mendapatkan beberapa kesulitan, namun kesulitan tersebut dapat diatasi baik guru maupun siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran(STAD) Pada Mata Pelajaran IPS dikelas IV,V dan VI di SDN No. 16 Limboto Barat dapat membuat siswa menjadi senang dan antusias dalam proses pembelajaran, Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011