ESSAY

Writer / NIM
WINDIYAWATI YUSUF / 151410223
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO ABSTRAK Windiyawati Yusuf. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kelereng Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj.Asni Ilham,S.Pd,.M.Si, dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd,.M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan media kelereng terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?". Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kelereng terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan eksperimen One group pre test-post test design, yang mana sekelompok subyek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test). Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas II yang belum mampu memahami konsep perkalian bilangan cacah yang berjumlah 25 orang 14 perempuan dan 11 laki-laki. Tes yang digunakan, yaitu tes objektif berbentuk pilihan ganda dan tes lisan. Analisis data untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Berdasarkan analisis hasil penelitian disimpulkan hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan media kelereng terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat diterima. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan dimana t hitung sebesar 12,92 Sedang Nilai t tabel pada a=0,05; dk = n-1 (25-1 =24) diperoleh harga sebesar 1,71088. Jadi, t hitung > t tabel (12,92 > 1,71088). Atau harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Perkalian, Bilangan Cacah, Media Kelereng.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011