ESSAY

Writer / NIM
WENNY POU / 151410230
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Wenny Pou. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pesan Melalui Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian Tindakan Kelas. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Dajani Suleman M.hum dan Pembimbing II Hj Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah : “Apakah melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis pesan pada siswa kelas III SDN No. 27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?“.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pesan pada siswa kelas III SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo melalui gambar seri. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ,yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I terdapat 23 orang siswa atau 69,69% yang dikategorikan tuntas dengan nilai 70 ke atas dan 10 orang siswa atau 30,30 % yang dikategorikan tidak tuntas dengan nilai 70 ke bawah . Sehingga belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan yakni 70% dari seluruh siswa kelas III SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Dengan demikian masih diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II terdapat 29 orang siswa atau 87,87% yang dikategorikan tuntas dan 4 orang siswa atau 12,12% yang dikategorikan tidak tuntas . Sehingga terjadi peningkatan dan pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa dengan adanya media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis pesan pada siswa kelas III SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci : Menulis Pesan, Gambar Seri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011