ESSAY

Writer / NIM
YOVAN MARUWAE / 151410249
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstract
ABSTRAK YOVAN MARUWAE, NIM. 151 410 249, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Permasalahan Sosial Melalui Metode Inquiri Di Kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan Pembimbing II, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode inquiri hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi permasalah sosial di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat”. Hasil Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo dari siklus ke siklus. Hasil tersebut di tujukkan oleh hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I siswa memperoleh nilai 6,5 ke atas adalah 13 siswa atau 59,1 % dan siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke bawah adalah 9 siswa atau 40.9% daya serap pada siklus I mencapai 66,7%. Hasil pada siklus 2 siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas 19 siswa atau 86,4% dan siswa yang memperoleh 6,5 ke bawah adalah 3 siswa atau 13,6% sedangkan pada siklus II daya serap mencapai 77,3% . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inquiri dapat meningkat hasil belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi permasalahan sosial di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa yang dicapai siswa dari siklus ke siklus. Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Inquiri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011