ESSAY

Writer / NIM
RIKO DANIAL / 151410250
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Riko, Danial. 2012. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Pembelajaran Koperatif Model STAD di Kelas IV SDN No. 21 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd Keterampilan membaca pemahaman di kelas IV SDN No. 21 Dungingi Kota Gorontalo, kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Hal tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata merupakan model pembelajaran konvensional, yang menyebabkan pembelajaran kebanyakan berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif model STAD dikelas IV SDN No. 21 Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN No. 21 Dungingi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi lapangan selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi membaca pemahamn di kelas IV SDN No. 21 Dungingi sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD hanya sejumlah 6 orang atau ketuntasan sebesar 23%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 18 orang atau ketuntasan sebesar 69.23% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 orang atau ketuntasan sebesar 92.30%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi membaca pemahaman dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dan siswa terlihat lebih aktif. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Kooperatif Model STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011