ESSAY

Writer / NIM
ISWATY HUSAIN / 151410254
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
Iswaty Husain. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Teks di Kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini apakah kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto dapat ditingkatkan melalui teks? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 3 Kayubulan melalui teks. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa kemampuan membaca nyaring siswa melalui teks di kelas II SD sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya hasil tes yang dilaksanakan peneliti dalam tindakan siklus di mana pada siklus I diperoleh data yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas 7,0 sebanyak 13 orang dengan persentase 54,2% dari jumlah siswa 24 orang, sementara yang memperoleh nilai di bawah 7,0 sebanyak 11 orang atau 45,8%. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 17 orang dengan persentase sebesar 70,8% dari jumlah siswa 24 orang, siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 7 orang atau 29,2%. Dengan demikian kemampuan membaca nyaring siswa dikatakan baik karena telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni dikatakan mampu apabila daya serap siswa mencapai 70% dari jumlah siswa. Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teks kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : membaca nyaring, teks.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011