ESSAY

Writer / NIM
I WAYAN MANDRI / 151410301
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK I Wayan Mandri. Skripsi “Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bagian-Bagian Tumbuhan melalui Metode Discovery di Kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo”. Skripsi Program Studi S1 – PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah metode discovery dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di Kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo pada materi Bagian-bagian tumbuhan melalui metode discovery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 24 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 24 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja mencapai 75% dari hasil yang dicapai pada siklus I mencapai 71% atau 17 orang hal ini belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai dengan ketuntasan mencapai 92% atau 22 orang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa tentang bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan melalui metode discovery. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Bagian-Bagian Tumbuhan, Metode discovery
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011