ESSAY

Writer / NIM
MEIS YUNUS / 151410316
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstract
ABSTRAK Meis Yunus, NIM. 151 410 316. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd. 2012 Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo akan meningkat melalui metode sosiodrama?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo melalui metode sosiodrama. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif persentase dengan maksud untuk memberi gambaran terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo melalui metode sosiodrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal keterampilan berbicara siswa yang diamati pada aspek: menghayati kata-kata yang disampaikan, menghubungkan kalimat sesuai pesan, pengucapan dengan intonasi yang tepat, keruntutan dan keberanian dalam berbicara berada pada kategori kurang dengan persentase 50% atau terdapat 14 siswa yang kurang terampil dalam berbicara dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 66,0 dan ketuntasan belajar mencapai 21,43%. Setelah diadakan tindakan siklus I meningkat yaitu berada pada kategori cukup dengan persentase 82,14% atau terdapat 23 siswa yang cukup terampil dalam berbicara dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 75,86dan ketuntasan belajar mencapai 46,43%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan berada pada kategori baik dengan persentase 85,71% atau sudah terdapat 24 siswa yang memiliki keterampilan baik dalam berbicara dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 84,04 dan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN 1 Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara dan Metode Sosiodrama.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011