ESSAY

Writer / NIM
HAINA RAUF PATILA / 151410318
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK HAINA RAUF PATILA, NIM. 151 410 318, “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Puisi Melalui Pengamatan Benda Di Kelas V SDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo” Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evi Hasyim, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman, M.Hum Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya kemampuan siswa kelas VSDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto dalam menyusun puisi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun puisi melalui pengamatan benda. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menyusun puisi adalah nilai rata-rata 60,56. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata- rata yang dicapai adalah 52,12. Dari 25 siswa yang terdapat di kelas V SDN 1 Parungi yang telah mencapai kemampuan dalam belajar sebanyak 8 siswa atau 32%, sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 17 siswa atau 68%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata- rata yang dicapai oleh 25 siswa kelas V adalah 76,24. Siswa yang telah mencapai kemampuan sebanyak 19 siswa atau 76% sedangkan yang belum mampu dalam belajar sebanyak 6 siswa atau 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun puisi dengan mengamati benda dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto. Untuk itu disarankan agar guru kelas V dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan media konkrit atau media langusung untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Kata Kunci : kemampuan belajar siswa, menyusun puisi, dan pengamatan benda.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011