ESSAY

Writer / NIM
NURLIYANTI SURADJI / 151410320
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK NURLIYANTI SURADJI. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini "Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument test hasil belajar berbentuk test essay. Analisiss data untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Berdasarkan analisis hasil penelitian disimpulkan hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat diterima. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan dimana harga t_hitung = 10,762. Nilai t_tabel pada = 0,05; dk = n-1 (25-1 =24) diperoleh harga sebesar 1,71088. Jadi, t_hitung>t_tabel (10,762 > 1,71088). Berdasarkan kriteria pengujian bahwa tolak H_0: Jika t_hitung>t_tabel pada = 0,05; n - 1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau H1 diterima dan menolak H0, sehingga dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011