ESSAY

Writer / NIM
NAWIR TOBAMBA / 151410324
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Nawir Tobamba. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Rumus Luas Persegi Panjang Melalui Media Petak Satuan Pada Siswa Kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media petak satuan dapat meningkatkan pemahaman konsep rumus luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep rumus luas persegi panjang melalui media petak satuan pada siswa kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang menunjukkan proses pembelajaran melalui media petak satuan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi konsep rumus luas persegi panjang di kelas III SDN 1 Barakati. Hal ini ditunjukkan dengan pemahaman yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media petak satuan ketuntasan yang diperoleh hanya sejumlah 10 orang siswa atau sebesar 32.25%, siklus I ketuntasan meningkat menjadi sejumlah 21 siswa atau sebesar 67.74%, dan pada siklus II ketuntasan lebih meningkat menjadi sejumlah 29 orang atau sebesar 93.54%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui media petak satuan pemahaman konsep rumus luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Barakati meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, Persegi Panjang, Petak Satuan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011