ESSAY

Writer / NIM
MASWITA KABIRAN / 151410326
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Maswita Kabiran. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menentukan KPK Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 1 Sidoharjo Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa kelas V SDN 1 Sidoharjo Kecamatan Tolangohula dalam menentukan KPK dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menentukan KPK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SDN 1 Sidoharjo Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Adapun metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, bahwa kemampuan siswa kelas V SDN 1 Sidoharjo Kecamatan Tolangohula dalam menentukan KPK melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan menentukan KPK yang dilihat dari hasil evaluasi setiap siklus, di mana pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 13 orang dengan persentase sebesar 54,2% dari jumlah siswa 24 orang, dan siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 11 orang atau 45,8%. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 70 meningkat menjadi 17 orang atau 70,8%, dan siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 7 orang atau 29,2%. Dengan demikian kemampuan siswa dalam menentukan KPK dikatakan baik karena telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni dikatakan mampu apabila kemampuan menentukan KPK dapat meningkat dari observasi awal yang hanya 37,5% dari jumlah siswa, akan meningkat minimal 70% dari jumlah siswa. Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kemampuan siswa kelas V SDN 1 Sidoharjo Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo dalam menentukan KPK meningkat. Kata kunci : KPK, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011