ESSAY

Writer / NIM
NOVA H. ISMAIL / 151410327
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstract
ABSTRAK Nova H. Ismail.2012. MeningkatkanPemahamanSiswatentangPengaruhEnergiPanasDalamKehidupanSehari-HariMelaluiMetodeKaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo.Skripsi.S1 Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul HarisPanaI,S.Pd,M.Pd, PembimbingII:Drs.AhmadLamusu, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalah “Apakahpemahamansiswatentangpengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-haridapatditingkatkanmelaluipenggunaanmetodekaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo?”.Sedangkantujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanpemahamansiswatentangpengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-harimelaluimetodekaryawisata di Kelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongo. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiantindakankelas.Denganteknikpengumpulan data observasidandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisispersentase.Penelitiandilaksanakandalamduasiklus, tiapsiklusterdiridaritahapawal, tahappelaksanaantindakan, tahappemantauandanevaluasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmetodekaryawisatamampumeningkatkanpemahamanbelajarpadamateripengaruh energy panas.Padaobservasiawal rata-rata siswa yang memilikipemahamantuntasyaitusebanyak 6 siswa (30%) dari 20 siswakelas III SDN 1 TabongoTimur.Padasiklus I meningkatmenjadi 12 siswa (60%) danpadasiklus II meningkatmenjadi 17 siswa (85%).Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa “Jikadigunakanmetodekaryawisatamakapemahamanterhadapmateripengaruhenergipanasdalamkehidupansehari-haripadasiswakelas III SDN 1 TabongoTimurKecamatanTabongodapatmeningkat, dapatditerima.” Kata Kunci: PemahamanSiswa, MetodeKaryawisata, PengaruhEnergiPanas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011