ESSAY

Writer / NIM
YENI MOZIN / 151410333
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstract
Yeni Mozin. 151 410 333. Meningkatkan Kemampuan Berpidato Dalam Metode Ekstemporan Siswa Kelas V SDN 1 Bongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan berpidato melalui metode ekstemporan pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpidato melalui metode ekstemporan pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kabupaten Gorontaloā€¯. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN 1 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, pada tahap observasi awal dari 22 siswa kemampuan hanya berjumlah 8 orang atau sebesar 36.36%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 68.18%. Jumlah persentase kemampuan siswa meningkat pada siklus II sejumlah 19 atau 86.36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode ekstemporan dapat meningkatkan kemampuan berpidato pada siswa kelas V SDN 1 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan, Berpidato, Metode Ekstemporan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011