ESSAY

Writer / NIM
RETNI IBRAHIM HABIBIE / 151410341
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK RetniIbr. Habibie. 2012. NIM. 151 410 341.Meningkatkan Kemampuan Menentukan FPB Melalui Metode InquiryPadaSiswa Kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.Skripsi.JurusanPendidikan Guru SekolahDasarUniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I: Dra. MartiantyNalole, M.Pd, Pembimbing II: Ismail Pioke,S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan FPB di Kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode inquiry?Sedangkan tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan kemampuan menentukan FPB melalui metode inquiry di Kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodePenelitianTindakanKelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan menentukan FPB pada siswa kelas IV SDN 1 Payunga Kecamatan Batudaa. Pada observasi awal menunjukkan bahwa dari 7 siswa atau 31.82% dari 22 siswa yang memiliki kemampuan baik dalam menentukan FPB, pada Siklus I jumlah siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam menentukan FPB mengalami peningkatan menjadi 14 siswa atau 63.64% dari 22 siswa yang ada di kelas IV SDN 1 Payunga. Pada siklus II kemampuan siswa dalam menyelesaikan cara menentukan FPB mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 81.82%. Kata Kunci: Kemampuan Menentukan FPB, Metode Inquiry
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011