ESSAY

Writer / NIM
FERAWATY Y. ZAKARIA / 151410349
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Ferawaty Y. Zakaria, 2014, Deskripsi Penggunaan Metode Role Playing dalam Memerankan Tokoh Cerita Pendek di Kelas V SDN 09 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode Role Playing dalam memerankan tokoh dalam cerita pendek siswa kelas V SDN 09 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Role Playing dalam memerankan tokoh cerita pendek di kelas V SDN 09 Bongomeme. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara bertahap, dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Yang menjadi aspek penelitian ini adalah ekspresi, penghayatan, lafal dan intonasi dalam memerankan cerita pendek. Hasil keseluruhan siswa yang dapat memerankan tokoh cerita pendek melalui penggunaan metode Role Playing berjumlah berjumlah 9 orang atau 56,25%, siswa yang kurang dapat memerankan karakter tokoh cerita pendek melalui metode Role Playing berjumlah 5 orang atau 31,25% dan yang tidak dapat memerankan karakter tokoh cerita pendek melalui metode bermain peran (Role Playing) berjumlah 2 orang atau 12,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode Role Playing dalam memerankan tokoh cerita Pendek di kelas V SDN 09 Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat diterapkan. Kata Kunci: Cerita Pendek, Role Playing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011