ESSAY

Writer / NIM
TRINATA HIJRIANI / 151410369
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Trinata Hijriani (2014) " Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam di Indonesia melalui model pembelajaran kontekstual di kelas v SD Inpres Pandanwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai". Skripsi program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam di kelas V SD Inpres Pandanwangi meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui model pembelajaran kontekstual di kelas V SD Inpres Pandanwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kaji tindak yang dilaksanakan di kelas V SD Inpres Pandanwangi Kecamatan Toili Kabupaten Banggai dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 21 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi dan dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 21 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja mencapai 75% dari hasil yang dicapai pada observasi awal mencapai 38% atau 8 orang yang sudah tuntas hasil belajarnya, kemudian pada siklus I mencapai 57% atau 12 orang yang sudah tuntas hal ini belum mencapai indikator kinerja, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai dengan ketuntasan mencapai 86% atau 18 orang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual pada materi peristiwa alam di kelas V SD Inpres Pandanwangi hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Kontekstual, Peristiwa, Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011