ESSAY

Writer / NIM
NURMAWATI N. LALU / 151410403
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Nurmawati N. Lalu. 151410403 "Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing: Dra. Elmia Umar M.Pd dan Nurhayati Tine,S.Pd.I,MHI ). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil pengamatan aspek pemahaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 29,73% (11 orang), pada siklus 1 mencapai 59,46% (22 orang), dan pada siklus II 92% (34 orang) dari 37 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci : Pemahaman, Make A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011