Writer / NIM
						AZIZA MOMPING / 151410407
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
						Advisor 2 / NIDN
						Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
						Abstract
						Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini  adalah  rendahnya hasil belajar 
IPA  konsep  energi  gerak  dari  siswa  kelas  III  B  MIN  Tanobonunungan, 
Kecamatan  Banggai,  Kabupaten  Banggai  Laut.  Tujuan  penelitian  adalah 
meningkatkan hasil belajar IPA konsep energi gerak melalui metode demonstrasi
di  kelas  III  B  MIN  Tanobonunungan  Kecamatan  Banggai  Kabupaten  Banggai 
Laut.  Hipotesis  tindakan  adalah,  jika  dalam  pembelajaran  IPA  konsep  energi 
gerak dilakukan melalui metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa kelas III B 
MIN  Tanobonunungan  Kecamatan  Banggai  Kabupaten  Banggai  Laut  akan 
meningkat.  Indikator keberhasilan, minimal 85% siswa yang dikenakan tindakan 
memperoleh  hasil  belajar  70  ke  atas.  Subyek  yang  dikenakan  tindakan  pada 
penelitian  ini  adalah  28  orang  siswa  kelas  III  B  MIN  Tanobonunungan  tahun
pelajaran 2013/2014, dengan rincian 14 orang  siswa  laki-laki dan 14 orang siswa 
perempuan. Selama pembelajaran siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil 
sambil  mengamati  demonstrasi  yang  dilakukan  oleh  guru,  serta  diberikan 
kesempatan melakukan demonstrasi sesuai materi yang dibelajarkan. Berdasarkan 
analisis  data  hasil  belajar  siklus  I  menunjukkan  bahwa  17  dari  28  siswa  atau 
60,7% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan mencapai daya serap 70% ke atas 
atau  memperoleh  nilai  ≥  70  dan  dinyatakan  tuntas,  sedangkan  11  siswa   atau 
39,3%  yang  belum  mencapai  daya  serap  70%  atau  nilai  kurang  dari  70,  dan 
dinyatakan belum tuntas. Analisis data hasil belajar siklus II menunjukkan bahwa 
24  dari 28 siswa  atau 85,7% dari seluruh siswa  yang dikenai tindakan  mencapai 
daya  serap  70%  ke  atas  atau  memperoleh  nilai  ≥  70  dan  dinyatakan  tuntas, 
sedangkan 4 siswa lainnya atau 14,3% yang dinyatakan tidak tuntas, karena belum 
mencapai daya serap 70% atau nilai  kurang dari 70.  Capaian ini telah melampaui 
indikator  keberhasilan  yang  ditetapkan.  Dengan  capaian  tersebut  dapat 
disimpulkan  bahwa  hasil  belajar  IPA  konsep  energi  gerak  dapat  ditingkatkan 
melalui  metode  demonstrasi  di  kelas  III  B  MIN  Tanobonunungan  Kecamatan 
Banggai Kabupaten Banggai Laut.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Energi Gerak, Metode Demonstrasi
						Download files