ESSAY

Writer / NIM
FRADIANSYAH ZUBAIR / 151410410
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Fradiansyah Zubair. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Prosedur Membaca Terbimbing (Guided Reading Procedure) Siswa Kelas V SDN 1 Lokotoy Kec. Banggai Utara Kab. Banggai Laut. Pembimbing I Hj. Sumarni Muhamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra.Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Masalah penelitian ini yaitu Apakah penerapan prosedur membaca terbimbing (Guided Reading Procedure) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Lokotoy. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca melalui prosedur membaca terbimbing. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas data dianalisis secara deskriftif melalui tahapan mengklasifikasi data, menganalisis, menginpertasi, menyajikan data, dan menganalisis dan menyimpulkan. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Lokotoy Kelas V dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari laki-laki 23 perempuan 11 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi membaca teks. Dari hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa dari 34 siswa untuk observasi awal prosentase kemampuan siswa hanya 26 %. Siklus I menjadi 39 % . Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi kenaikan prosentase kemampuan siswa menjadi 88 %. Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui prosedur membaca terbimbing pada materi membaca teks terbukti kemampuan siswa meningkat dengan baik. Kata Kunci : Membaca, Prosedur Membaca Terbimbing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011