ESSAY

Writer / NIM
HARIANTO A. PULANDING / 151410411
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Harianto A. Pulanding. 2014. Penerapan Metode Inkuiri Dalam meningkatkan Prestesi Belajar Pada Pembelajaran PKn Pengaruh Globalisasi di Kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiniversitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag.MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten banggai Laut? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiripada kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian. Dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN Inpres Bentean Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut pada setiap siklus. Hal tersebut di tandai dengan ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 orang siswa atau 66% dari 29 orang siswa dan pada siklus II mencapai 26 orang siswa atau 90% yang di kategorikan telahmencapai indiator penilaian, ini berarti prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn telah meningkat Kata kunci : Prestasi Belajar dan Penerapan Metode Inkuiri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011