ESSAY

Writer / NIM
HASMAWATI / 151410413
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Hasmawati. 151410413 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn melalui model Think Pair Share (Penelitian di kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut)". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Samsi Pomalingo S.Ag, MA). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi mengenal system pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 26,67% (4 orang), pada siklus 1 mencapai 60% (9 orang), dan pada siklus II 93,33% (14 orang) dari15 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci : Hasil Belajar, Think Pair Share
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011