ESSAY

Writer / NIM
ARFA / 151410432
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
ABSTRAK Arfa. 2012. Penerapan meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sejarah uang pada mata pelajaran IPS melalui metode penugasan di kelas III SDN 2 Banggai. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Di bawah bimbingan Ibu Dra. Hakop Walangadi, M.Si Pembimbing I dan Ibu Elmia Umar, M.Pd Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode penugasan. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas III SDN 2 Banggai kecamatan banggai kabupaten banggai kepulauan provinsi Sulawesi tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam penelitian ini tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I dari 23 aspek yang diamati memiliki 5 aspek yang berkategori baik atau 22 % sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,6 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penugasan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Metode penugasan dan motivasi belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011