ESSAY

Writer / NIM
ZULAEHA YASIN / 151410434
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK ZULAEHA YASIN. 151 410 434 “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model make a match. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian akan dihentikan jika jumlah siswa yang mengalami peningkatan pemahaman belajar pada mata pelajaran PKn materi pemerintahan pusat terjadi peningkatan 80% dari jumlah siswa. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Pemahaman belajar siswa diukur berdasarkan pengamatan terhadap aspek-aspek pemahaman secara perorangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman belajar siswa pada siklus I dari 30 orang siswa, yang paham menguraikan isi pokok materi sebanyak 20 orang siswa atau 67%, pada siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa atau dengan prosentase 90%. Selanjutnya siswa yang paham menyimpulkan materi pada siklus I berjumlah 24 orang siswa atau dengan prosentase 80%, mengalami peningkatan yang baik pada siklus II yaitu 30 orang siswa atau dengan prosentase 100%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Kata kunci: pemahaman, Pemerintahan pusat, Model make a match.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011