ESSAY

Writer / NIM
SITI NORMA / 151410438
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK SITI NORMA, 2012. Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA khususnya materi struktur bumi Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di Kelas V SDN Bungin Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd, SE, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Bapak Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, SE, M.Pd Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yaitu hanya 7 orang siswa (35%) yang tuntas dan 13 orang siswa (65%)tidak tuntas hal ini disebabkan oleh rendahnya partisispasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas V SDN Bungin Kab. Banggai Kepulauan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 orang siswa. Jenis data yang diperoleh hasil belajar siswa, hasil pengamatan kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bungin Kab. Banggai Kepulauan pada pelajaran IPA khususnya materi struktur bumi. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus I yaitu hasil belajar siswa dari 20 siswa hanya 14 siswa (70%) yang tuntas dan 6 siswa (30%) yang mendapat nilai kurang dari 75 atau tidak tuntas. Dengan demikian perlu dilanjutkan karena belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Selanjutnya pada siklus II yaitu hasil belajar siswa dari 20 siswa hanya 1 siswa (0,5%) yang tidak tuntas dan 19 siswa (95%) yang tuntas. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011