ESSAY

Writer / NIM
HARTINI A. DJAKAYA / 151410440
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstract
ABSTRAK HARTINI A, DJAKAYA. 2012. NIM. 151 410 440 “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sumber Daya Alam dan Lingkungan Melalui Model Make A Match di kelas IVa SD Negeri Kendek Kecamatan. Banggai Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Drs.Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini dengan mengacu pada identifikasi masalah sehingga rumusan masalah yang dihasilkan pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model make a match dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? sedangkan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Penelitian Tndakan Kelas ( PTK ). Alat yang digunakan untuk pengumpulan data antara lain, Lembar pengamatan keterlaksanaan model make a match, Lembar pengamatan aktivitas guru pada pembelajaran, Lembar pengamatan aktivitas siswa pada pembelajaran, dan Tes hasil belajar. Alat pengumpulan data digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada konsep sumber daya alam dan lingkungan pada mata pelajaran IPA di kelas IVa Sekolah Dasar Negeri Kendek Kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai Kepulauan., setelah menerapkan metode cooperative learning type make a match hasil belajar siswa cukup meningkat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tindakan kelas dengan menerapkan tekhnik pembelajaran model make a match dapat meningkatkan hasil belajar serta menumbuhkan minat, motivasi dan kemauan siswa dalam menyelesaikan soal dengan baik, sesuai dengan tujuan yang diharapkan. hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15% dari hasil observasi awal yaitu dari 26,92% pada observasi awal menjadi 42,31% pada siklus I. Sementara itu, terjadi peningkatan daya serap siswa terjadi peningkatan sebesar 5,96%. yaitu sebesar 65,19% pada observasi awal menjadi 71,15% pada siklus I. Persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 88,46% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 46,15 dari siklus I Kata Kunci : Hasil Belajar Dan Metode Pembelajaran Make A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011