ESSAY

Writer / NIM
JUMIN KAKON / 151410446
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstract
ABSTRAK Jumin Kakon 2012. Nim. 151 410 446. “Meningkatkan Pemahaman siswa pada materi energi panas melalui pendekatan inkuiri pada siswa kelas IV SDN Inpres Adean Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Prof. Dr. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan inkuiri pemahaman siswa pada materi energi panas kelas IV SDN Inpres Adean Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN Inpres Adean Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan melalui pendekatan inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Peneltian Tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data dianalisis secara kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres Adean Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan dengan karakteristik penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN Inpres Adean Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I pencapaian pemahaman siswa hanya mencapai 60,00%,oleh karena itu kegiatan pembelajaran melalui pendekatan inkuiri belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman dari 60,00% menjadi 90,90%. maka pemahaman siswa pada materi energi panas dapat ditingkatkan, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata Kunci : Pemahaman Materi Energi Panas dan Pendekatan Inkuiri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011