ESSAY

Writer / NIM
TONY / 151410449
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK TONY. 151 410 449. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Dengan Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Di Kelas IV SDN Pembina Mansalean Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Kepulauan. Masih kurangnya Pemahaman Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi di kelas IV SDN Pembina Mansalean ini menjadi masalah dalam penelitian ini. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi, jika persentase rata-rata jumlah siswa yang sudah mampu dapat ditingkatkan minimal 75%-80%. Pengambilan data menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil dari apa yang menjadi masalah dalam penelitian ini. Dari observasi awal nilai rata-rata dari 15 orang siswa 58,89, pada Siklus I memperlihatkan nilai rata-rata siswa meningkat dari 58,89 menjadi 72,00. Artinya mulai ada peningkatan. Namun karena belum memenuhi pencapaian target, dilanjutkan denagn pelaksanaan siklus II yang memperlihatkan peningkatan dari 72,22 menjadi 84,11 dari 15 orang siswa kelas IV SDN Pembina Mansalean. Kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah metode STAD mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan hasil pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Pembelajaran Kooperatif, STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011