ESSAY

Writer / NIM
ROBI MODATI / 151410458
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Robi Modati, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Dengan Bermain Peran Melalui Teknik Home-Room di Kelas V SD Inpres Damai Makmur Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai. Skripsi, Jurusan SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing 2 Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Inpres Damai Makmur Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai melalui Teknik Home Room. Strategi mengajar yang digunakan guru, belum dapat mengoptimalkan kemampuan berbicara siswa. Apakah kemampuan berbicara Siswa SD Inpres Damai Makmur Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai dapat ditingkatkan melalui teknik home-room. Dari hasil pengamatan pada observasi awal yang memiliki kemampuan pada kemampuan berbicara hanya 27,17%. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa siklus I mencapai rata-rata 42.89% atau meningkat 15.72% dari hasil observasi awal, siklus II mencapai rata-rata 62.85% atau meningkat 35.68% dari observasi awal dan siklus III mencapai rata-rata 85.70% atau meningkat 58.53% dari observasi awal. Ini berarti bahwa terdapat peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa telah tercapai peningkatan secara signifkan kemampuan berkomunikasi lisan pada siswa kelas V SD Inpres Damai Makmur Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai dengan menggunakan teknik home-room. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan, yakni apakah jumlah siswa mengalami peningkatan yakni 85,7% telah memiliki kemampuan berbicara. Kata Kunci: Berbicara, Bermain Peran, Home-room
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011