ESSAY

Writer / NIM
SRIATI / 151410463
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Sriati, NIM. 151410463. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN Mansahang Kecamatan Toili Kabupaten Banggai”. Skripsi, Jurusan SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M. Hum, Pembimbing II Dra. Evi Hasyim, M.Pd. Masih rendahnya kemampuan siswa untuk mentransfer pengalaman (hal yang abstrak) ke kalimat (ungkapan yang nyata dalam bentuk tulisan, berpengaruh pada kemampuan menulis puisi). Hal ini nampak pada hasil observasi awal rata-rata 34,67%. Pembelajaran menulis termasuk menulis puisi perlu dimiliki siswa, disebabkan pada tahapan tersebut siswa dapat mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal ini, maka diadakan penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada empat aspek yang dinilai yakni: ketepatan pemilihan kata dalam puisi, ketepatan menulis kalimat dalam puisi, dan ketepatan menyesuaikan isi dengan judul. Tujuan penelitian tindakan kelas yakni meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode demonstrasi. Penelitian dilaksanakan di kelas V di SDN Mansahang Kecamatan Toili Kabupaten Banggai dengan jumlah siswa 25 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan oleh peneliti, kepala sekolah dan guru mitra. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal rata-rata 34,67% dari 25 siswa, siklus I rata-rata 56% dari 25 siswa, dan pada siklus II rata-rata mencapai 81,33% dari 25 siswa. Kata Kunci : Menulis Puisi, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011