ESSAY

Writer / NIM
ITA YULIANI / 151410465
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Ita Yuliani, 2012. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Melalui Teknik Positive Reinforcement di Kelas II SDN 2 Tanasumpu Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali”. Skripsi, Jurusan SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dajani Suleman, M. Hum dan pembimbing II : Dra. Evi Hasyim, M.Pd. Kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan dasar yang amat diperlukan, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Berdasar pada pendapat ini, upaya membina dan mengembangkan keterampilan menulis siswa perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode yang relevan. Dari hasil analisis data dikemukakan bahwa telah tercapai peningkatan sesuai indikator kinerja yang diterapkan, yaitu: 1) Minimal 75% dari jumlah siswa memiliki kemampuan menulis dalam kegiatan belajar yang diharapkan, dengan rincian hasil siklus I mencapai 45.33%, siklus II 62.67% dan siklus III 80%; Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan disiplin dalam kegiatan belajar siswa mencapai peningkatan dengan rincian hasil sebagai berikut: Siklus I meningkat 14.67% dari observasi awal, siklus II meningkat 32.01% dari hasil observasi awal, dan siklus III mencapai 49.34% dari hasil observasi awal. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Positive Reinforcement
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011