ESSAY

Writer / NIM
SRI FITRIYANI / 151411013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Sri Fitriyani. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran example non example kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana melalui model example non example pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Aspek yang dinilai yaitu meliputi struktur kalimat, pilihan kata, ejaan, tanda baca dan kesesuaian isi gambar dengan karangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo termasuk dalam kriteria baik ditunjukkan dengan nilai hasil tes kemampuan siswa pada siklus I, dimana siswa yang mampu ada 8 siswa atau sebesar 44% dan sisanya 10 siswa atau sebesar 56% tidak mampu. Pada siklus II siswa yang mampu 16 siswa atau sebesar 89% dan sisanya 2 siswa atau sebesar 11% tidak mampu. Kesimpulannya melalui model example non example dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Menulis Karangan Sederhana, Example Non Example
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011