ESSAY

Writer / NIM
RAHMATIKA NAILU / 151411028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Rahmatika Nailu. Nim 151 411 028. "Deskripsi Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SDN 51 Dumbo Raya". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Dibawah bimbingan Dr. Asni Ilham, S.Pd, M,Si selaku pembimbing I dan Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa SDN 51 Dumbo Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya minat belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa SDN 51 Dumbo Raya. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Dengan jumlah populasi 220 orang siswa yang terdiri dari 96 orang laki-laki dan 124 orang perempuan dan Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek yang diukur meliputi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SDN 51 Dumbo Raya yakni faktor internal dan eksternal dikategorikan Cukup sehingga sangat berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan rincian, untuk Faktor internal yang terdiri dari indikator kesehatan siswa, perhatian siswa, bakat siswa, dan motivasi siswa diperoleh hasil rata-rata dengan kategori baik sehingga berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika dan untuk Faktor eksternal yang terdiri dari indikator metode mengajar guru, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, serta dorongan dan pengertian orang tua diperoleh hasil rata-rata dengan kategori cukup sehingga sangat berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Sarannya adalah untuk guru agar dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang agar dapat membuat siswa lebih nyaman belajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan untuk siswa dapat mengulangi kembali pelajaran di rumah. Kata kunci: Faktor-faktor mempengaruhi, minat belajar, pembelajaran matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011