ESSAY

Writer / NIM
YULAN ARSAD / 151411038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Yulan Arsad. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.P.d Pembimbing I dan pembimbing II Hj.Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah metode demonstrasi dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga, Kabupaten Gorontalo?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi pada pembelajaran berlangsung. Observasi awal siswa yang mampu menulis pantun 6 orang atau 23% dan belum mampu 20 orang atau 76%. Selanjutnya dilakukan siklus I meningkat yang mampu 16 orang atau 61% dan belum mampu 10 orang atau 38%. Pada siklus II siswa yang telah mampu menulis pantun sebanyak 24 orang atau 95% dan yang belum mampu menulis pantun yang benar sebanyak 2 orang atau 5%. Disimpulkan bahwa menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam menulis pantun yang benar. Kata Kunci: Menulis, Pantun, Demonstrasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011