ESSAY

Writer / NIM
TRI OYAN MOKAMBU / 151411041
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Tri Oyan Mokambu, 2015. Pengetahuan Guru Tentang Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Membelajarakan IPA Di SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, program studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Dengan pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan guru tentang model pembelajaran kooperatif dalam membelajarkan IPA di SDN No 25 dungingi?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan guru tentang model pembelajaran kooperatif dalam membelajarkan IPA Di SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Tujuannya untuk menayakan hal-hal yang menyangkut pengetahuan guru tentang model pembelajaran kooperatif dalam membelajarkan IPA. Dari hasil penelitian menunjukkan: bahwa pengetahuan guru tentang model pembelajaran kooperatif dalam membelajarkan IPA yang diperoleh dari angket dan melalui pengolahan dat frekuensi yang terdiri dari 4 indikator yang dirumuskan menjadi 30 pertanyaan. Hal ini menjadi pedoman penelitian angket yang peneliti gunakan dalam penelitian yang dibagikan kepada 12 guru. Adapun hasil klasifikasi interprestasi data pada bagian untuk indikator dijelaskan sebagai berikut: pada indikator pertama guru memahami model pembelajaran kooperatif dengan hasil persentasi 83% dengan kriteria sangat baik , indikator kedua guru menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif dengan hasil persentasi 49% dengan kriteria cukup, indikator ketiga guru menciptakan suasana belajar yang menarik dengan hasil persentase 45% kriteria cukup, dan indikator keempat guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam membelajarkan IPA dengan hasil persentase 47% dengan kriteria cukup. Kata kunci : pengetahuan guru, model pembelajaran kooperatif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011