Writer / NIM
SRISILAWATI ABD. SAMAD / 151411068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi daur air dan peristiwa alam di Kelas V SDN 8 Kota Barat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi daur air dan peristiwa alam di kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan yang di dapatkan dari lapangan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal yang dari dalam diri siswa seperti motivasi belajar, minat dan perhatian serta sikap siswa. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, yaitu faktor lingkungan keluarga, terutama orang tua kurang memberikan perhatian, lingkungan sekolah, dilihat dari cara mengajar guru, cara memberikan motivasi serta menciptakan suasana yang kondusif dan cara siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. serta lingkungan masyarakat, seperti kurangnya kenyamanan di lingkungan tempat tinggal.
Kata Kunci : Faktor-faktor , Hasil Belajar
Download files