ESSAY

Writer / NIM
SRISILAWATI ABD. SAMAD / 151411068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi daur air dan peristiwa alam di Kelas V SDN 8 Kota Barat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi daur air dan peristiwa alam di kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan yang di dapatkan dari lapangan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal yang dari dalam diri siswa seperti motivasi belajar, minat dan perhatian serta sikap siswa. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, yaitu faktor lingkungan keluarga, terutama orang tua kurang memberikan perhatian, lingkungan sekolah, dilihat dari cara mengajar guru, cara memberikan motivasi serta menciptakan suasana yang kondusif dan cara siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. serta lingkungan masyarakat, seperti kurangnya kenyamanan di lingkungan tempat tinggal. Kata Kunci : Faktor-faktor , Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011