ESSAY

Writer / NIM
MURTIYATI MOTOTA / 151411077
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Murtiyati Motota, 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Komunikasi di Kelas II SDN 08 Paguat Kecamatan Pohuwato. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Kemampuan Siswa Membaca Permulaan di SDN 08 Paguat Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui pendekatan komunikasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui pendekatan komunikasi pada siswa kelas II SDN 08 Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Data hasil observasi awal, dari 20 orang siswa terdapat 40% atau 8 orang siswa yang dapat membaca dengan baik, sementara siswa tingkat membacanya masih rendah jumlahnya sebanyak 12 orang siswa atau 60%. Kemudian pada siklus I, bahwa kemampuan siswa yang tuntas hanya mencapai 60% atau 12 orang siswa. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa meningkat sebesar 85% atau 17 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui pendekatan komunikatif di kelas II SDN 08 Paguat Kabupaten Pohuwato. Kata kunci :Kemampuan, Membaca permulaan, Pendekatan Komunikatif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011