ESSAY

Writer / NIM
PUSPA SABIDULLAH / 151411096
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Puspa Sabidullah, 2015. Kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 84 kota tengah kota gorontalo. Jurusan pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas negeri gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi M.Si dan Pembimbing II Samsi pomalingo S,Ag, MA. Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 84 kota tengah kota gorontalo?" dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 84 kota tengah kota gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas di Kelas IVb kurang optimal karena dalam proses belajar mengajar berlangsung cara guru mengajar hanya berfokus didepan kelas (guru tidak menguasai kelas). misalnya guru tidak memperhatikan siswa yang dibelakang sehingga untuk membangun interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa belum terjalin dengan baik. untuk itu kemampuan guru dalam mengelola kelas dapat membantu dalam mengatasi masalah atau kendala dalam pengelolaan kelas agar guru maupun siswa terjalin interaksi dalam proses belajar mengajar. dari masalah-masalah tersebut ada beberapa solusi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memusatkan perhatian kepada siswa dan mengajak semua siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Kemampuan, Mengelola kelas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011