ESSAY

Writer / NIM
LEGIYAH / 151411110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan teknik Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo"? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa memahami bacaan yang dibaca secara signifikan dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Telaga Kabupaten Gorontalo setelah diadakan tindakan melalui dua siklus penelitian. Pada observasi awal hanya sebanyak 7 siswa atau sebanyak 35.00% yang memiliki kemampuan baik dalam memahami bacaan yang dibaca. Pelaksanaan tindakan pada siklus I siswa yang mampu memahami bacaan yang dibaca menjadi 13 siswa atau 65%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 18 siswa atau 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik Cooperative Script. Kata kunci: Membaca Pemahaman, Cooperative Script
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011