ESSAY

Writer / NIM
REFYAN LIARTO KAABA / 151411114
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Refyan Liarto Kaaba.2016. Penerapan Cooperative Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos, MA dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Cooperative Type Jigsaw Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah penerapan Cooperative Type Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Cooperative Type Jigsaw berdampak pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pada observasi awal, siswa yang mampu hanya 3 orang atau 15%. Selanjutnya pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 13 orang atau 65% dan pada tindakan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 18 orang atau 90% dari total jumlah siswa sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Cooperative Type Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Type Jigsaw, Pelajaran IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011