ESSAY

Writer / NIM
NI KADEK SANTIANI / 151411115
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Ni Kadek Santiani, 2015. Deskripsi Penerapan Teori Belajar Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Bentuk Pengurangan di Kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana deskripsi penerapan teori belajar Polya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan bentuk pengurangan pada siswa kelas V SDN 6 Tilongkabila". Dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori belajar Polya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan bentuk pengurangan pada siswa kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah mengajarkan dengan baik teori belajar Polya sehingga siswa mampu menerapkan teori belajar Polya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan bentuk pengurangan. Dengan menerapkan teori belajar Polya ini maka siswa memperoleh hasil penyelesaian yang sesuai dengan apa yang ditanyakan dalam soal. Siswa menerapkan keterampilan berhitung untuk menentukan KPK dari penyebut pecahan, mengubah tiap pecahan menjadi pecahan senilai dengan penyebut sesuai KPK dan melakukan pengurangan terhadap pembilangnya. Hal tersebut dapat dilihat atau diamati dengan jelas ketika proses pembelajaran, guru telah menerapkan dan siswa telah memahami langkah-langkah Polya. Langkah Polya terdiri dari 4 langkah yakni memahami soal cerita, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, bahwa teori belajar Polya merupakan salah satu teori yang tepat diterapkan guru dalam pembelajaran matematika untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu, dengan teori Polya kegiatan belajar yang dilakukan siswa di dalam kelas menjadi terarah. Hasil penyelesaian siswa berdasarkan teori belajar Polya jika dipersentasekan pada masing-masing langkahnya maka diperoleh hasil penyelesaian siswa yaitu pada langkah memahami masalah yaitu 73%, langkah membuat rencana penyelesaian yaitu 64%, langkah melaksanakan penyelesaian yaitu 64% dan langkah memeriksa ulang jawaban yang di peroleh yaitu 64 %. Kata kunci : Pecahan, Soal Cerita, Pengurangan, Penerapan Teori Polya
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011