ESSAY

Writer / NIM
DESYTA PANEO / 151411116
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
Desyta. 2015. NIM 151 411 116. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menulis Puisi Melalui Media Gambar di kelas III SDN 04 Botu Pingge Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu. S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun. M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis puisi pada kelas III SDN 04 Botu Pingge Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis puisi melalui media gambar di kelas III SDN 04 Botu Pingge Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi. Pada observasi awal siswa yang mampu membaca dan menulis puisi hanya 13 siswa atau 37.14%, Setelah dilakukan siklus I meningkat 24 siswa atau 69,68% yang sudah memahami membaca dan menulis puisi. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa atau 84,97%, yang telah membaca dan menulis puisi. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis puisi di kelas III SDN 04 Botu Pingge Kabupaten Bone Bolango . Kata kunci : Kemampuan siswa Membaca dan Menulis Puisi, Media Gambar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011