ESSAY

Writer / NIM
ASNA DIU / 151411120
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Asna Diu, Nim 151411120. "Deskripsi Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Melakukan Perkalian Dan Pembagian Di Kelas II SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo" skripsi 2015. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini tentang "bagaimana deskripsi penggunaan metode demonstrasi dalam melakukan perkalian dan pembagian bilangan asli di kelas II SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?" dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam melakukan perkalian dan pembagian siswa kelas II SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskritif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi di dalam kelas sangat membantu guru dalam melakukan pembelajaran perkalian dan pembagian bilangan asli, karena melalui metode demonstrasi siswa dapat memperhatikan pelajaran dengan baik, selain itu proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi secara nyata. Dengan demikian siswa akan lebih meyakini kebenaran dari materi pembelajaran. Adapun kegiatan guru dalam menggunakan metode demonstrasi dalam melakukan perkalian dan pembagian bilangan asli adalah yang pertama tahap persiapan demonstrasi, tahap pelaksanaan demonstrasi, dan tahap mengakhiri demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa penggunaan metode demonstrasi membantu siswa untuk memahami perkalian dan pembagian bilangan asli. Karena dengan metode demonstrasi pembelajaran akan lebih terarah dan perhatian siswa lebih dapat dipusatkan. Kata Kunci: Deskripsi, Penggunaan, Metode Demonstrasi, Perkalian, Pembagian, Bilangan Asli. ABSTRACT Asna Diu, Nim 151411120. "Description Method Use Demonstrations In Doing multiplication and division in Class II SDN 1 Telaga Gorontalo Regency" thesis, 2015. Department of Primary School Teacher Education. Faculty of Education, State University of Gorontalo. The problem in this research about "how the description of the use of the method demonstration in doing multiplication and division of natural numbers in class II SDN 1 Telaga Gorontalo district?" With the aim to describe the use of methods of demonstration in doing multiplication and division second grade students at SDN 1 Telaga Gorontalo district. The approach used in this study is a qualitative approach and the kind of research is descriptive research, data collection techniques used in this research is observation, interview, and documentation. This study aimed to describe the demonstration on the use of the method of doing multiplication and division of natural numbers. The results showed that the use of the method in the classroom demonstration greatly assist teachers in making learning multiplication and division of natural numbers, because through the method of demonstration students can heed the lesson well, besides the learning process will be more interesting, because students not only listen but also to see the events which occurred significantly. Thus, students will be more convinced of the truth of learning materials. The activities of teachers in using demonstration method of doing multiplication and division of natural numbers is the first stage of the preparation of the demonstration, the demonstration implementation phase, and an end to the demonstration stage. Based on the results of research and discussion is concluded, that the use of methods of demonstration helps students to understand multiplication and division of natural numbers. Because the demonstration of learning methods will be more focused and more students' attention can be focused. Keywords: Description, Use, Method Demonstration, Multiplication, Division, First Numbers
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011